Senin, Oktober 17, 2016

Pesona Jawa Tengah Yang Memikat

[Blog competition post]
Visit Jawa Tengah (Candi Mendut)
Indonesia sejak dahulu kala banyak menyimpan pesona alam yang tak terbantahkan pesonanya. Salah satunya adalah Provinsi Jawa Tengah yang banyak sekali menyimpan pesona-pesona baik alam, keramahan penduduk maupun adat istiadat budaya yang dimilikinya seakan-akan mampu menyihir siapapun yang berkunjung ke sana.

Banyak hal yang saya rasakan berbeda saat saya menginjakkan kaki di Jawa Tengah, mulai udara yang terasa lebih sejuk yang langsung merefresh otak yang sebelumnya penat menjadi segar seketika setelah mengirup udaranya. Ketika membasuh tubuh dengan air nya, saya merasakan kesegaran masuk ke melalui pori-pori kulit segar sampai terasa alirannya di pembuluh darah.

Mungkin perasaan dan kecintaan saya dengan Jawa Tengah sangat berlebihan seperti itu karena 
Saya asli keturunan Jawa Tengah. Mama saya berasal dari Kabupaten Klaten dan ayah saya berasal dari Kabupaten Purworejo.

Walau saya asli keturunan Jawa Tengah, tetapi saya dibesarkan di Jabodetabek (maklum, orang tua saya beberapa kali pindah rumah). Seringkali saya merasakan rindu yang teramat sangat akan kampung halaman para leluhur.

Berbeda dengan sepupu - sepupu saya yang kebanyakan menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi di Jawa Tengah, tetapi saya tidak. Terlebih jaman kuliah yang sangat padat membuat saya tidak pernah sekalipun pulang ke kampung halaman. Saya berfikir, mungkin saat nanti saya sudah lulus kuliah saya bisa sering berkunjung ke kampung halaman saya di Jawa Tengah.Ternyata setelah masuk dunia kerja, makin padat dengan pekerjaan. Hingga terhitung semenjak bekerja awal tahun 2010 sampai, saya hanya 3 kali berkunjung ke Jawa Tengah.

A. Tempat-tempat di Jawa Tengah yang pernah saya kunjungi

1. Candi Borobudur
Sunrise Candi Borobudur
Candi termegah didunia ini terletak di Muntilan Magelang. Candi ini juga masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Waktu ketempat ini, excited nya bukan main. Betapa hebatnya leluhur-leluhur kita menciptakan karya termegah pada zaman itu.

2. Candi Mendut
Candi Mendut
Bangunanya sangat megah. Tidak jauh dari bangunan utama terdapat puing-puing batu candi. Walaupun berupa puing-puing tetapi tetap indah di lihat.

Tamannya juga indah dan rapi, sayangnya kami kesana mejelang adzan solat dzuhur alhasil sangat terik sekali keadaan disana saat itu. Candi Mendut ini diambil dari nama seorang putri raja bernama Roro Mendut yang konon katanya wanita paling cantik pada masa itu.

3. Candi Pawon
Candi Pawon
Ternyata lokasi candi pawon berada di tengah pemukiman penduduk yang hanya dibatasi dengan pagar seadanya. Saat kami berada dilokasi, tidak ada wisatawan lokal selain saya dan suami. Hanya ada warga sekitar dan rombongan wisatawan asing dari suatu biro perjalanan.
Nama candi ini cukup unik menurut saya, karena pawon dalam bahasa jawa berarti dapur. Saya berfikir mungkin candi ini dulunya adalah dapur milik kerajaan karena bangunannya memang kecil. Namun candi ini sangat indah dan terawat, walaupun letaknya sangat berhimpitan dengan rumah penduduk tetapi sepertinya penduduk sekitar sangat menjaga kelestarian candi ini.

4. Stasiun Kutoarjo
Stasiun Kutoarjo
Stasiun nya tidak terlalu besar, tetapi lumayan lengkap fasilitasnya dan bersih. Musholanya bersih dan nyaman, sepoi - sepoi adem karena design nya terbuka.

5. Bundaran Salaman
Bundaran Salaman
Terletak di Magelang,  sangat unik karena terdapat tugu di bundaran tersebut.

6. Rumah kamera
Rumah Kamera
Bangunan milik seniman Magelang bernama Pak Tanggol ini sangat keren, letaknya tidak jauh Candi Borobudur kok. Buat anda yang suka update di sosmed instagram, tempat ini bisa jadi pilihan untuk berkesis ria.

7. Taman kupu-kupu
Taman kupu-kupu Borobudur
Konsepnya seperti taman pada umumnya, tetapi uniknya terdapat beberapa bungalow untuk penginapan, tempatnya cukup bersih dan masih alami suasana pedesaan.
Ditaman itu juga banyak sekali bunga (mungkin untuk membuat kupu-kupu merasa nyaman disana). Kupu-kupu yag saya ditemukan di tempat ini tidak terlalu banyak, karena yang ada dalam imajinasi saya, taman ini dipenuhi oleh banyak sekali kupu-kupu (sebanyak kelelawar di gedung juang tambun bekasi). Taman ini juga tidak terlalu luas. Pengunjung tempat ini kebanyakan anak-anak dari sekolah TK atau SD terdekat.

8. Pantai Alam Indah Tegal
PAI
Salah satu pantai di Jawa Tengah ini sukup digandrungi penduduk sekitar untuk jalan-jalan sore. Bagaimana tidak, biaya masuknya yang sangat murah yaitu seribu rupiah saja, membuat anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati pemandangan pantai.

9. Rita Park Tegal
Rita Park
Di Tegal, juga ada arena seperti dufan ancol di Jakarta. Bedanya hanya lebih kecil saja. Tetapi anda bisa menguji nyali anda dengan memainkan semua wahana di Rita Park ini.

10. Pemandian Guci Tegal
Pemandian Guci
Terletak di wilayah dataran tinggi, membuat udara di pemandian ini cukup sejuk, bahkan bisa dibilang dingin. Tetapi tidak perlu khawatir, anda bisa menikmati sensasi mandi air hangat langsung dari mata air di sini.

11. Jatinom Klaten
Jatinom Klaten
Kalau ini adalah kampung halaman mama saya, sungai yang jernih melewatu bebatuan cadas, swah yang menghampar luas, serta jalanan desa yang sudah halus dan tertata rapi sejak saya kecil membuat saya selalu ingin berkunjung kesana. Letaknya juga strategis dengan dengan banyak umbul dan Candi Prambanan juga.

12. Hutan Jati Blora
Hutan jati Blora (image source:wikipedia)
Blora terkenal dengan hutan jatinya, saya kesana tahun 2012. Suasana nya benar-benar masih pedesaan. Yang sangat saya sayangkan adalah kondisi jalan di pedesaannya masih sangat tidak layak. Berbatu dan jadi sangat becek saat hujan turun. Semoga pemerintah bisa cepat tanggap akan hal ini.

B. Tempat-tempat di Jawa Tengah yang ingin sekali saya kunjungi
Banyak juga tempat-tempat di Jawa Tengah yang ingin sekali saya kunjungi seperti yang sering diulas oleh para blogger travel yang banyak mengulas keindahan pesona alam dan budaya Jawa Tengah seperti backpackstory.me , fahmianhar.comeksapedia.com. Untuk anda yang ingin mengetahui tempat-tempat wisata menarik di Jawa Tengah, bisa follow blog mereka. Jangan lupa follow visitjawatengah dan Bapak Ganjar Pranowo di instagram selaku Gubernur Jawa Tengah untuk mengetahui update terbaru tentang event-event yang ada di Jawa Tengah.

1. Taman Nasional Karimunjawa
Karimun Jawa ( image source: Wikipedia)
Karimunjawa terdiri dari gugusan 27 pulau yang berada di ujung utara pulau jawa, tepatnya di kabupaten Jepara, Jawa Tengah Indonesia, terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih alami.

2. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo
Dieng Wonosobo ( image source: Wikipedia)
Dieng merupakan dataran tinggi yang memiliki tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Berada di wilayah Kabupaten Wonosobo. Dan terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

3. Candi Prambanan
Candi Prambanan ( image source: Wikipedia)
Walau asli Klaten, tetapi saya belum pernah kesini, hanya lewat saja sering. Candi Parambanan merupakan candi hindu, di candi ini sering diadakan pagelaran kisah rama dan shinta.

4. Baturaden
Lokasi wisata Baturaden terletak di sebelah selatan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

5. Punthuk Setumbu
Punthuk setumbu merupakan salah satu spot favorit para wisatawan untuk menyaksikan sunrise di Jawa Tengah. Sayangnya saat ke Magelang kemarin saya tidak sempat melihat sunrise di Punthuk Setumbu.

6. Keraton Surakarta Hadiningrat
Keraton Surakarta ( image source: Wikipedia)
Istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744.

7. Lawang Sewu Semarang
Lawang sewu (image source: wikipedia)
Gedung bersejarah ini terletak di Kota Semarang. Gedung ini dulunya adalah kantor NIS. Disebut Lawang Sewu karena gedung ini mempunyai jumlah pintu yang sangat banyak. Walau banyak yang mengulas keangkeran gedung ini, tetapi saya tetap ingin kesana karena gedung tersebut sarat akan sejarah Republik Indonesia terutama Jawa Tengah.

8. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (image source: wikipedia)
Salah satu bangunan yang pasti ingin saya kunjungi di suatu daerah adalah masjid. Saya ingin sekali mengunjungi dan beribadah di Masjid Agung Jawa Tengah.

9. Grojokan Sewu
Grojokan sewu (image source: wikipedia)
Dahulu, pernah dijanjikan seseorang untuk diajak ke tempat ini. Tapi belum kesampaian, saya ingin sekali ketempat ini bersama keluarga menikmati keindahan alam air terjun ini.

10. Umbul Cokro 
Terletak di Klaten Jawa Tengah, membuat saya ingin berkunjung kesini saat pulang kampung nanti bersama-sama dengan keluarga.

11. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok (image source: wikipedia)
Mata air yang sedang hits ini membuat saya penasaran ingin mengunjunginya. Tempat yang bisa dibilang sangat instagramable ini terletak di Klaten juga. Jadi saya bisa kesana saat pulang ke kampung halaman nanti.

12. Museum Purbakala Sangiran
Museum purbakala Sangiran (image source: wikipedia)
Museum ini terletak di Sragen Jawa Tengah. Kebetulan saya sangat menyukai museum. Tempat ini cocok untuk anda mengajak putra-putri anda untuk belajar semua hal tentang jaman prasejarah.

13. Umbul Sidomukti
Pertama jatuh cinta dengan umbul yang terletak di Kabupaten Semarang ini adalah saat melihat beberapa teman mengupdate foto mereka di umbul ini di waktu yang hampir bersamaan. Padahal mereka semua tidak saling mengenal. Tetapi mereka semua teman saya. Jadi lah saya envy melihat pemandangan kolam cantik di umbul Sidomukti.

Sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat lain di Jawa Tengah yang ingin saya kunjungi. Bahkan semuanya ingin saya kunjungi dan explore tetapi masih terkendala masalah budget dan waktu. 

C. Hal Yang Membuat Anda Harus Mengunjungi Jawa Tengah
1. Transportasi Mudah
Bus Trans Solo (image source : tentangsolo.web.id)
Akses menuju Jawa Tengah sangat lah mudah, apalagi untuk kita yang tinggal di pulau Jawa. Bisa menggunakan pesawat terbang, kapal laut, bus, mobil  pribadi, bahkan sepeda motor.

2. Biaya Hidup Relatif Murah
Jajanan Pasar (image source :jalanjajanmurah.com)
Ketika berkunjung ke Jawa Tengah saya tidak pernah was-was untuk urusan biaya. Karena tiket, peginapan, makan, akomodasi semua murah meriah. Bisa dibuktikan sendiri saat anda berkunjung ke Jawa Tengah.

3. Keramahan Penduduknya
Keramahan penduduk Jawa Tengah (image source: resepmasakandapurindonesia.blogspot.co.id)
Untuk keramahan, penduduk Jawa Tengah sudah sangat terkenal akan keramahannya. Mereka akan tersenyum jika anda sapa. Dan mereka akan sangat ramah sekali jika anda mengajak mereka ngobrol.

4. Adat Kebudayaannya Yang Masih Lestari
Kesenian Ndolalak Purworejo (image source: fajarhardiyanto.blogspot.co.id)
Banyak nilai-nilai budaya leluhur yang sampai sekarang masih dipertahankan oleh masyarakat Jawa Tengah. Misalnya sekatenan di Jatinom Klaten, Cukur rambut gimbal di Dieng Wonosobo dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Selalu Membuat Rindu Ingin Kembali
Kangen (image source: images.8tracks.com)

Jujur semua yang ada di Jawa Tengah selalu membuat saya rindu, selalu ingin dan ingin kesana. Semoga nanti saya bisa lebih mengatur waktu lagi untuk mengeksplorasi keindahan Jawa Tengah yang sangat banyak. Saya bangga dengan budaya Jawa Tengah, bangga dengan Indonesia.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 
yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah 
Follow Instagram : @visitjawatengah
Twitter: @visitjawatengah

35 komentar:

  1. Bukan cuma Jogja yang selalu bikin rindu untuk kembali ya, mbak. Jawa Tengah juga :)

    BalasHapus
  2. Beberapanya sudah saya kunjungi, di antara yang belum adalah Karimunjawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga pengen pak ke karimun jawa

      Hapus
  3. wah banyak ya tempat wisata di jateng yang ingin dikunjungi, semoga segera kesampaian explore lebih dalam wisata jawa tengah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak yang belum kesebut mas fahmi hehehe amin.... Semoga kesampaian

      Hapus
  4. diantara objek wisata yang dituliskan di atas, yang pernah saya kunjungi baru candi borobudur Mba Wuri. HIks, kapan saya bisa ke sana lagi yah?

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Kayak iklan obat sakit kepala ya mas ? :D

      Hapus
  6. Semoga setelah wisuda nanti bisa kesampaian ke jawa mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Ayo ayo cepet skripsi cepet wisuda

      Hapus
  7. pengen main kesana tapi ga tau jalannya..., hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha tenang ada waze atau google maps

      Hapus
  8. buanyak banget destinasi yang bisa dieksplor, butuh waktu banyak klo ke jateng, sipp jadi bahan referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, eksplore 1 kota aja gak cukup waktu seminggu, saking banyaknya :D

      Hapus
  9. Ternyata kita masih satu keturunan asal kampungnya, Dunia terasa sempit ,dipertemukan lewat blog.
    Oh, Saudaraku.. :D
    Jawa Tengah masih terasa adem, ayem. Hanya satu yang menyebabkan aku harus hijrah dari jawa tengah, cari duit susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkakaka iya kang, cari duit Jakarta tempatnya kalo untuk profesi saya :D

      Hapus
  10. banyak banget destinasi wisata di Jawa Tengah, mudik sekaligus touring nih

    BalasHapus
  11. wahhh jadi nyesel, dulu ngliwatin tegal pas pulkam, eh gucinya kelewat ahahhahahah *gajadi ciblon ciblon cantik deh eyke mb wuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciblon niku opo mbak nit? Ahhhh dirimu kemana saja? Baru keliatan

      Hapus
  12. ngiler..ngiler... saya belum pernah ke Tegal, saya scrol lagi..baca lagi, makin banyak ngilernya dan makin banyak yg belum dikunjungi (lap-lap dulu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ayok mbak, abis lap lap bikin plan ke jateng nya.

      Hapus
  13. Jawa tengah bagus aiihh..
    itu yang rumah kamera malah malah baru tau aku, pantai tegal, karimun jawa huaaaaa.. pingin kesana.

    BalasHapus
  14. Jawa tengah emang kereen..
    tapi kenapa Kebumen gak ada Mba?

    Rumah kamera baru tau aku itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebumen juga pantainya indah bingitss, aku belum pernah kesana ada bukit love juga kan ya yang lagi ngehits.

      Hapus
  15. Taman kupu-kupu, pengen banget ke situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bunga bunga disini tempatnya para kupu-kupu bermain :D

      Hapus
  16. Aaah...aku pengen ikut lombanya...baru draft melulu. Xixixi. Semoga masih sempat.
    Banyak juga tempat-tempat yang belum saya kunjung ternyata....
    Oya, Surakarta itu masuk daerah Jawa Tengah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Surakarta masuk Jawa Tengah :D

      Hapus
  17. Banyak sekali ya tempat wisata di Jawa Tengah, aku ada beberapa yang udah ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh di satu kota aja udah banyak banget yang bisa di eksplor, apalagi se Jawa Tengah... hihihi banyak bingits.

      Hapus