Jumat, Oktober 14, 2016

Peduli Bahaya Kanker Payudara Bersama Garda Medika Octobreast Roadshow 2016

Bulan Oktober merupakan bulan yang spesial untuk saya, karena bulan ini merupakan bulan kelahiran saya. Dan ternyata saya juga baru mengetahui kalau bulan Oktober merupakan bulan kepedulian terhadap kanker payudara.

Tanggal 13 Oktober 2016 saya berkesempatan menghadiri sebuah event yang diadakan oleh Garda Medika yang bertajuk "Garda Medika Octobreast" yang mana tujuan event tersebut adalah mengajak kita semua untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran kita baik perempuan maupun laki-laki tentang bahaya kanker payudara.
Peduli bahaya kanker payudara
Bertempat di CGV Blitz Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading, para undangan yang hadir merupakan teman-teman dari blogger, media, yayasan pendidikan astra, perwakilan rumah sakit dan tentunya teman-teman dari komunitas love pink. Dengan dresscode yang telah ditentukan, kami semua yang hadir terlihat kompak dengan mengenakan warna pink.

Di acara ini saya janjian dengan beberapa teman blogger dari Komunitas Blogger Perempuan setelah sebelumnya membuat grup di Whatsaap khusus untuk event ini.

Acara yang berlangsung lebih dari 4 jam tersebut dengan agenda sebagai berikut:

1. Registrasi, cek kesehatan gratis dan photobooth
Tepat pukul 16:30 para peserta sudah banyak yang melakukan registrasi. Kami mendapatkan 3 potong kertas yaitu tiket masuk studio, kertas cek kesehatan (gratis), dan kertas untuk pengambilan souvenir di akhir acara.
Antri cek kesehatan
Ini pertama kalinya saya cek kesehatan seperti cek gula darah, kolesterol dan asam urat. Awalnya saya agak deg-degan karena harus dilakukan pengambilan darah, maklum saya agak takut jarum suntik semejak pingsan setelah suntik beberapa tahun lalu. Tetapi ternyata tidak sakit sama sekali, benar-benar seperti digigit semut sebentar. 

Hasilnya untuk kolesterol dan asam urat saya masih pada batas normal sedangkan kadar gula darah saya melebihi batas normal. Batas normal gula daraah pada umumnya adalah 70-110 sedangkan saya 161. 
Hasilcek kesehatan
Selesai cek kesehatan, saya bersama teman-teman dari Komunitas Blogger Perempuan menyempatkan diri untuk berphotobooth bersama-sama. Dilanjutkan dengan update di sosmed. Hasil photobooth yang diunggah di sosmed juga ternyata dapat diambil cetaknya di meja sebelah photobooth, tetapi sayangnya saya lupa untuk mengambilnya, baru ingat saat menulis postingan ini (hehehehe).
Photobooth dengan para blogger
2. Sambutan pembuka dari perwakilan Garda Medika
Bu Antiek (foto ig:asuransiastrapeduli)
Dilanjutkan dengan memasuki studio, para peserta duduk di kursi yang telah dipilih saat melakukan registrasi. Yang pertama kami mendengarkan sambutan pembuka dari pihak Garda Medika yaitu Bu Antiek. Bu Antiek mengatakan bahwa roadshow ini adalah salah satu program dari Asuransi Astra di ulang tahunnya yang ke 60 tahun. Garda Medika memiliki provider berjumlah sekitar 900 di tahun ke 8 nya saat ini. Beliau juga mengingatkan akan pentingnya menyadari sejak dini akan bahaya kanker payudara, dan menghimbau para peserta agar membantu menyebarluaskan pentingnya kesadaran akan bahaya kanker payudara demi menekan bertambahnya jumlah penderita kanker payudara di Indonesia.

3. Penyampaian Data dan Fakta dr. Doddy Permadi
Berikutnya adalah penjelasan singkat data dan fakta mengenai kanker payudara oleh dr. Doddy Permadi.
Dr. Doddy Permadi (foto ig:asuransiastrapeduli)
Fakta mengejutkan bahwa Kanker payudara menempati urutan pertama di Top 5 kanker di Indonesia 2016 (Depkes RI). Menyusul kemudian kanker kolorektal, kanker leher rahim, kanker paru dan kanker rahim di bawahnya. Kanker payudara disebut juga sebagai Silent Killer, dikarenakan tidak terlihat gejalanya pada stadium awal.

Data statistik kanker payudara di Indonesia:
  • Kanker Payudara menempati urutan pertama di Indonesia (12,9% dari total kasus kanker).
  • 30% penderita kanker payudara berusia kurang dari 40 tahun.
  • Jumlah angka kejadian 21,5 per 100.000 penduduk Indonesia.
  •  Jumlah angka kematian sampai dengan 43% dari kasus.
Keganasan bermula dari sel-sel di payudara.
Faktor Resiko:
  • Genetik
  • Tidak memiliki ank atau hamil anak pertama di usia tua atau > 35 tahun 
  • Menggunakan terapi hormon setelah menapouse
  • Tidak menyusui anak
  • Alkoholik dan Obesitas
  • Early menstruation & late menapouse
Dan fakta yang mengejutkan lagi adalah wanita karir berisiko terkena kanker payudara 70% dibanding ibu rumah tangga atau wanita yang hanya staff bawah (Dr. Tetyana Pudrovska seorang peneliti)

Bisa dibilang 7 dari 10 pengidap kanker payudara adalah wanita karir. Penyebab nya adalah tidak menyusui, menunda kehamilan, stres pekerjaan, polusi udara dan kurang tidur.

Tanda dan Gejala:
  • Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara.
  • Kulit iritasi
  • Payudara terasa nyeri
  • Puting susu nyeri atau puting melesak ke dalam
  • Kulit pada payudara atau puting susu berwarna kemerahan, kulit bersisik atau menebal seperti kulit jeruk.
  • Kuluarnya cairan atau darah dari puting (selain ASI)
Stadium:
  • 0 = Disebut kanker payudara non invasif . Ada 2 tipe yaitu DCIS (Ductal Carcinoma In Situ) dan LCIS (Lobular Carcinoma In Situ)
  • I = Kanker invasif kecil (ukuran tumor kurang dari 2 cm dan tidak menyerang kelenjar getah bening)
  • II = Kanker invasif (ukuran tumor 2-5 cm dan sudah menyerang kelenjar getah bening)
  • III = Kanker invasif besar (ukuran tumor lebih dari 5 cm dan benjolan sudah menonjol ke permukaan kulit, pecah berdarah ataupun bernanah)
  • IV = Sel kanker sudah bermetastesis atau menyerang ke organ lain seperti paru-paru, liver ataupun otak.
Jenis Pengobatan:
  • Pembedahan 
  • Radioterapi
  • Kemoterapi
*Pemeriksaan dini dapat dilakukan dengan perikSA payuDAra sendiRI (SADARI). Yang bisa dilakukan di hari ke 7 sampai 10 saat menstruasi dikarenakan pada hari tersebut rasa nyeri sudah berkurang.

4. Menonton cuplikan animasi Beha Rumpi
Animasi si Beha
Salah satu yang menarik di roadshow ini adalah cuplikan edukatif tentang kanker payudara yang tokoh-tokonya merupakan beha-beha yang lucu dan cantik.

5. Sharing session dari komunitas love pink 
Love Pink
Selanjutnya ada sharing session dari Mbak Ade dan Mbak Kris dari komunitas Love Pink yang berbagi pengalaman saat menghadapi dan melawan kanker payudara. Pada sesi ini juga saya beserta beberapa teman blogger keluar sebentar dari studio dikarenakan sudah masuk waktu sholat magrib.

6. Nobar film Pinky Promise
Pinky Promise
Selesai sharing session bersama perwakilan komunitas Love Pink acara dilanjutkan dengan nobar (nonton bareng) film Pinky Promise yang kebetulan hari tersebut baru rilis di bioskop-bioskop di Indonesia. Yuk intip review saya tentang film ini disini Film Pinky Promise.

7. Pemilihan Best Dresscode
Ada lagi sesi yang meriahkan acara roadshow ini adalah pemilihan Best Dresscode yang dimenangkan olehh seorang ibu dengan dress kaftan berwarna pink degradasi.

8. Doorprize dan hadiah
Banyak juga doorprize dan hadiah-hadiah yang cukup menarik dibagikan di event ini. Dan teman saya dari blogger perempuan yaitu Mbak Siti Nurjanah mendapatkan salah satu doorprize nya. Sebenarnya saya juga berkesempatan disaat hadiah untuk peserta yang lahir di bulan ini dan minggu ini, kebetulan saya lahir tanggal 12 Oktober. Berhubung posisi saya di tengah-tengah dan cukup sulit untuk maju ke depan jadilah saya tidak jadi mendapatkan doorprize karena sudah keduluan peserta lain yang posisi duduknya lebih strategis untuk duluan maju kedepan (hihihi).

9. Foto bersama
Sebelum keluar studio seluruh peserta roadshow berfoto bersama dengan para panitia di depan layar studio.

10. Pengambilan Souvenir
Terakhir adalah pengambilan souvenir lucu berupa goodiebag dan bantal leher warna pink, oia sebelumnya seluruh peserta juga mendapatkan aksesoris berupa gelang yang keren dan unik.
Goodie bag dan souvenir pink lucu
Gelang cantik dari garda medika octobreast
Banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat yang saya dapatkan dari roadshow ini, juga sekalian kopdar dengan beberapa teman-teman dari blogger perempuan sehingga bisa menambah teman dan relasi baru.
Dan kebetulan juga secara gak sengaja bertemu dengan senior paskibra jaman SMA, teh indri yang menjadi peserta dari perwakilan Rumah Sakit Persahabatan. Gak sengaja sama-sama update instagram dan ngeh karena saling follow. Dan ternyata dia juga duduk didepan saya hihihi. Dan komentar nya saat bertemu adalah "Wuri kok kamu jadi gendut begini sih?kok jadi jelek gini?!" (hahahaha langsung berusaha nirus-nirusin pipi). Dan kami tidak lupa selfie sebelum pulang ke rumah masing-masing.
Selfie bareng teh Indri
Saat menjemput saya di MOI, suami saya ternyata tahu kalau saya datang ke acara bertema kepedulian akan bahaya kanker payudara (padahal saat diatar saya hanya pamit menghadiri acara roadshow dengan blogger perempuan yang diadakan oleh Garda Medika). Dan ternyata suami saya, si abang Lili Sunardi itu pernah aktif di kegiatan-kegiatan kampanye peduli kanker payudara. Barusan banget di kasih pin ini sama si doi hihihi. 
Ini pin nya dari abang Lili Sunardi ku
Senangnya ternyata suami ku yang selama ini selalu berlaga cool dan cuek bebek itu ternyata punya kepedulian yang tinggi dan aware sekali dengan isu-isu yang berhubungan dengan kampanye melawan kanker payudara. 

Terima kasih Garda Medika Octobreast ^_^
#finishthefight
#gopink
#breastcancerawareness


Postingan ini di ikutsertakan untuk Giveaway from My Purple World dan mendukung gerakan sadari kanker payudara.

41 komentar:

  1. Wah, ternyata sehari sebelumnya Mbak Wuri ultah ya.. Happy birthday, Mbak! Smoga makin berkah selalu ya :) Review acaranya lengkap bgt! Seru ya kemarin acaranya.. Smoga bisa ketemu lagi di acara selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah seneng deh bisa kenal sama mbak melati :), semoga ketemu lagi di next event ya mbak :D

      Hapus
  2. Selamat ulang tahun mba.
    ternyata bulan ini bulan peduli kanker payudara tah.

    ulasanya lengkap, ada nonton bareng pulak.
    mbaca tanda dan gejalanya itu bikin merinding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Adi, iya ngeri kalo baca ciri2 nya. Itulah kenapa semua pihak harus terlibat di gerakan melawan kanker payudara ini.

      Hapus
  3. penting banget nih untuks emua wanita terutama usia produktif yaa...harus SADARI

    BalasHapus
  4. Kadang suka cuek aja dengam hal2 penting begini karena berbagai alasan. Sudah mulai lebih peduli karena umur juga udah mulai kasih warning. Tfs mba wuri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak, kemarin-kemarin aku juga kurang perhatiin isue tentang kanker payudara ini, tapi setelah ikut acara ini aku jadi mulai sadar dan sadari

      Hapus
  5. Senengnya mbak bisa ikutan acara beginian jadi tambah ilmu tambah teman :) salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak Erica, iya seneng bisa join di acara ini sekalian kopdar

      Hapus
  6. Whoohhhh kaget saya liat statistik yang dicantumin mbaa wuri: wanita karir berisiko terkena kanker payudara 70% dibanding ibu rumah tangga atau wanita yang hanya staff bawah. Jadi sereeem... Mau jadi blogger full time aja doooong biar sehaaat >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak emanuella saya juga syok pas dikasih tahu data dan faktanya

      Hapus
  7. selamat ultah sebelumnya mb. makasih utk sharenya, jadi tahu waktu yang pas utk SADARI , krn ketika ingin mens itu payudara memang terasa nyeri klo tersenggol dan bengkak ya. pikiran suka parno. tapi setelah mens rasa nyeri berkurang lalu hilang. dulu sich cuek aja dengan bengkak dan nyeri krn blm ngeh sama bahaya kanker payudara ini. tapi setelah paham suka khawatir euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Helni, aku juga baru sadar kalau cek sadari itu ada waktu nya

      Hapus
  8. Barakallah mba Wuri. October bulannya kanker payudara. Semua wanita harus SADARI, ini penting banget. Huhuhu memang saya juga suka paranoid tapi hal-hal seperti ini penting untuk kita tau. makasih ulasannya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak zia, iya mbak sadari emamg penting banget. Saya juga jadi paranoid nya setelah tahu mbak, tapi lebih baik paranoid didepan daripada terlambat

      Hapus
  9. Barakallah mba wuri,.... Bagus ya acaranya...Harusnya sih aku dateng buat jadi pembicara ya...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas adhi, iya acaranya bagus banget. Wah kayaknya tau banyak nih mas adhi

      Hapus
  10. bagus banget ulasannya, kita harus tau tentang kanker payudara, apalagi perempuan, banyak yang nggak menyadari sudah pade fase yang berbahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, iya kanker payudara itu disebut juga silent killer karena di fase awal gak kelihatan gejalanya

      Hapus
  11. sangat bermanfaat informasi ini,
    sebagai suami ternyata perlu juga peduli terhadap hal-hal seperti ini ya?
    terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, iya butuh perhatian dari semua pihak, baik laki-laki maupun perempuan.

      Hapus
  12. Ciri-ciri payudara yang terkena kanker cukup ngeri juga ya, apalagi sampai keluar darah dari putih :(

    BalasHapus
  13. Kok potomu sama mbak indri jadi beda banget ya. Pake stuntwoman ya? Hahaha. Ikutan lomba di indahnuria.com ttg cancer say

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha beda piye mbak? Jadi makin gendut po? Makasih infonya mbak ratu, iya nih aku ikutan :D

      Hapus
  14. Acaranya bermanfaat mba, banyak pengetahuan ttg kanker payudara dari acara ini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Santi, bermanfaat banget :)

      Hapus
  15. acaranya seruuu banget yaaa mba. Itu animasi beha rumpi lucu yaaa! dan acara-acara seperti ini akan meningkatkan kesadaran semua akan bahaya kanker payudara dan karenanya membantu mencegahnya. Thanks for joining my GA #breastcancerawareness #finishthefight #gopink ..Bon courage!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak bagus banget ini event nya :). Meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara dan pencegahannya sejak dini :)

      Hapus
  16. wah kostumnya serba pink, kesukaanku banget, coba kalo aku ikut, pasti ngepink all of body wkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha tau nih mbak nit kok gak ikut si

      Hapus
  17. harus rajin sadari, meski kadang males hiks.
    Padahal uadah menyaksikan beberapa kali, teman yang terkena kanker payudara dan akhirnya meninggal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener, mulai sekarang jangan malas untuk sadari

      Hapus
  18. wua ultah to bulan ini, Hbd Wuri, all the best.. baru tau kanker pd itu malah urutan nomor 1, hiks..pingin lihat deh video beha2 rumpinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe iya mbak amin, ada diyoutube kok mbak dewi, video rumpi beha

      Hapus
  19. Seru ya acaranya. Ada cek macam-macam, ada nobar juga ada rumpinya. Hehehe. Keren,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak, seru dan bermanfaat bangey acaranya

      Hapus
  20. Sebagai ibu bekerja, aku koq jadi khawatir ya dengan angka70% tadi. Harus menjaga pola hidup sehat ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pertama kali denger juga was was mbak, tapi untung nya juga kita tahu, jadi biar bisa lebih waspada lagi

      Hapus
  21. Waaaa seru banget acaranya. dan itu animasi beha rumpinyaaa wkwkkwkwk lucu amaaat :D
    Pin yg dari suami itu kece bingit, Mbak. Sukaaaakkk. Ih kalau tau dari awal mungkin Mbak udah dikasih duluan kali ya, trus bisa dipake pas acara itu. :)))
    Btw, salam kenal ya mbak. Saya juga gabung di Blogger Perempuan :)

    BalasHapus