Rabu, Agustus 24, 2016

Berpetualang Bersama Keluarga di Gelanggang Samudra (Ocean Dream ) Ancol

Hi Traveller!

Saya akan berbagi pengalaman saat berpetualang bersama keluarga  di tempat rekreasi yang sangat ramah anak, masih di daerah Ancol. Kali ini waktunya berpetualang di Gelanggang Samudra atau Ocean Dream.
Terakhir berkunjung kesini saat saya kelas 2 SD (It so long time ya? hahaha).
Dan kali ini saya berkesempatan kembali kesini bersama suami dan anak saya, pastinya tidak kalah seru seperti saat kesini saat saya masih kecil, mari kita lihat keseruan apa saja yang bisa kita lakukan di Gelanggang Samudra Ancol.
Dimulai dengan bernarsis ria di gerbang utama Gelanggang Samudra
Tinggi Hana sudah lebih dari 80cm, jadi harus beli tiket sendiri, kebetulan tadi saat di Seaworld memang Hana sudah dikenakan untuk membayar tiket masuk.
Mengukur tinggi badan anak
Tiket yang kami beli adalah tiket Bundling dengan seaworld  yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya di Menjelajah Seaworld Ancol, jadi untuk masuk ke Gelanggang Samudra kami cukup menukarkan tiket yang kami dapat saat akan masuk seaworld. Setelah membaca beberapa komentar sahabat-sahabat blogger banyak yang mengatakan kalau tiket masuk bundling ini terlalu mahal. Menurut saya sangat worth it dengan yang kita dapatkan. Mari lanjutkan membaca maka para pembaca pasti tidak akan berfikir kalau tiket masuk ini mahal.

Untuk masuk ke Gelanggang samudra kami menukarkan tiket Bundling dengan seaworld, jadi kami tidak mengeluarkan biaya masuk lagi.
Total = Rp. 0, 00

Tiket Gelanggang Samudra
Rules
Setelah mendapatkan tiket masuk, kita dapat memulai petualangan di Ocean Dream atau Gelanggang Samudra.

Pernak-pernik hari kemerdekaan R1 di pintu masuk Gelanggang Samudra
Papan penunjuk arah
Saat pertama masuk ke Gelanggang Samudra, kita akan melihat banyak sekali patung-patung bangunan berbentuk unik disini, banyak juga pohon-pohon yang cukup tinggi dan rindang, sehingga membuat suasana lebih sejuk walaupun kita kesana pada siang hari.
Suasana didalam gelanggang samudra yang kece sekali
Banyak sekali pertujukan dan wahana yang bisa kita saksikan dan nikmati disini, semua tidak dipungut biaya tambahan, kecuali foto dengan hewan. 

Berikut beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Gelanggang Samudra:

1. Menonton Pertunjukan Scorpion Pirates
Scorpion Pirates Ocean Dream samudera merupakan pertujukan pertempuran laut melawan bajak laut. Cerita yang dikisahkan sangat ringan yaitu tentang perebutan keris antara bajak laut dan jagoan pembela kebenaran. Para pemain memerankan perannya masing-masing dengan sangat baik. Dialog nya menggunakan metode lip-sync, walau kadang terlihat kurang sinkron antara mulut pemain dengan dialog, tetapi para pemain berhasil mensiasatinya dengan akting gerak tubuh mereka. 
Scorpion Pirates
Yang membuat seru pertunjukan ini adalah efek ledakan, cipratan air dan jetsky yang mondar-mandir sangat memukau para penonton. Penonton dibuat merasakan berada pada situasi dimana sedang diserang bajak laut. Rasanya seperti nonton syuting film-film Berry Prima , karena pertunjukan didominasi dengan adegan perkelahian.
Untuk penonton yang ingin menonton sambil cemil-cemil cantik, tidak perlu khawatir karena di dalam area tempat duduk penonton banyak sekali yang mejajakkan makanan dan minuman ringan yang bisa dinikmati sembari menonton pertunjukan.

Pertujukan Scorpion Pirates
Selesai pertunjukan kita dapat berfoto bersama para pemeran scorpion pirates. Para pemain Scorpion Pirates sangat ramah, mereka dengan senang hati saat diminta berfoto bersama.

Berfoto bersama pemain scorpion pirates
2. Menyaksikan pertunjukan di Underwater Theater

Tempat selanjutnya adalah Underwater Theater. Adalah pertunjukam bawah air didalam kolam akuariun berukuran raksasa plus tambahan LCD berukuran besar diatas akuarium.

Gedung Underwater Theater tampak luar
Gedung Underwater Theater sangatlah unik, bangunannya sangat tinggi dengan ornamen-ornamen seperti sedang berada di Mesir.

Suasana di dalam Underwater Theater
Pertujukan yang di sajikan antara lain sinkronisasi 20.000 lebih ikan tornado yang berkolaborasi bersama balerina, penyelam professional, dan putri duyung. Ada juga upacara pengibaran bendera merah putih di bawah air oleh para penyelam professional Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang 71.

Tornado Fish
Lebih dari 20.000 ikan tornado
Kolaborasi ikan tornado dan balerina
Kolaborasi ikan tornado dan penyelam
Ribuan ikan tornado membentuk seperti angin tornado atau angin puting beliung
Pertunjukan putri duyung

Selesai pengibaran bendera merah putih oleh para penyelam, balerina, dan putri duyung beserta ribuan ikan tornado

3. Masuk ke dalam Ocean Butterfly


Ada sebuah ruang tidak terlalu besar di dalam Ocean Dream dan ternyata itu adalah rumah untuk kupu-kupu.

Ocean Butterfly
Pintu masuk ocean butterfly

Di dalam ocean butterfly
Penjelasan tentang Kupu-kupu
Tempatnya tidak terlalu luas, hanya saja dipenuhi tanaman-tanaman dan bunga-bunga. Beberapa kupu-kupu juga terlihat wara-wiri di area taman.

4. Menonton pertujukan Singa Laut 
Selanjutnya, kita bisa menuju arena pertunjukan singa laut.

Papan petunjuk
Tentang singa laut
Mari masuk ke arena pertujukan singa laut
Singa laut mencium pipi pelatihnya
Pertunjukan yang dilakukan oleh singa laut dan pelatihnya adalah kisah tentang singa laut yang menyelamatkan museum dari pencurian penjahat. Pertunjukan banyak dibumbui dengan lawakan sehingga membuat tertawa para penonton. 

5. Menonton pertunjukan lumba-lumba
Bisa dibilang pertunjukan ini adalah primadonanya Gelanggang Samudra, karena inilah ciri khas dari Gelanggang Samudra. Pada awal pertunjukan, penonton disuguhkan tentang kisah tiga anak dari desa yang bercita-cita menjadi palatih lumba-lumba karena mereka sangat sayang dan peduli kepada lumba-lumba.
Kisah sebelum pertunjukan
Hana serius banget

Lumba-lumbanya melipir

Lumba-lumba beraksi
Pertunjukan diakhiri dengan seorang pelatih yang naik ke papan skateboard sambil memegang bendera merah putih lalu didorong oleh pelatih lainnya dan dibelakangnya di dorong oleh lumba-lumba mengelilingi kolam.
Pertunjukan dikemas sangat interaktif dengan pengunjung sehingga tidak membuat bosan.

6. Tempat bermain untuk anak
Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa tempat ini sangat ramah anak, bisa dibilang benar-benar tempat yang sangat memanjakan anak-anak. Disini terdapat Palyground berbentuk kapal yang cukup besar, terdapat aream bom car, peswat-pesawatan, ada juga ayunan di taman bermain. Dan semuanya gratis, tidak dipungut biaya.
Playground
Hana bermain di playground
Arena playground
Antrian
Hana menanti giliran naik
Penantian yang panjang
Akhirnya naik juga
Siap-siap untuk terbang
7. Menonton pertunjukan wahana 4D
Kami tidak sempat masuk ke dalam wahana ini karena waktu yang sudah tidak memadai lagi untuk melanjutkan bermain di Gelanggang Samudra

Antrian wahana 4D

8. Masuk ke Rumah Pintar
Kami juga tidak sempat untuk masuk ke dalam rumah pintar dikarenakan waktu sudah sangat sore.

Rumah Pintar

9. Fasilitas untuk jajanan makanan dan minuman
Kita tidak perlu bingung saat lapar melanda dan tidak membawa bekal. Disini, banyak sekali tempat yang menjual makanan, baik makanan berat maupun ringan. Ada juga Vending machine di beberapa titik sehingga saat haus kita bisa langsung membelinya.
Berikut daftar makanan dan minuman yang saya beli disana beserta harganya:

Sosis Bakar : Rp. 15.000,00
Es teh manis : Rp. 5.000,00
Columbus Friend Chicken (Paket anak B) : Rp. 16.000,000
Teh Botol : Rp. 9.000,00
Milo dingin : Rp. 10.000,00
Snack: Rp. 10.000,00
Air Mineral : lupa harganya (hehehe)

Food Corner
Columbus Fried Chicken 
Snack 10 ribuan

10. Fasilitas tempat ibadah

Untuk fasilitas tempat ibadah, disini terdapat mushola yang letaknya di belakang underwater theater. Bangunan nya sangat unik dan terbuka, sehingga membuat suasana sejuk karena angin dari luar bisa masuk ke mushola. Untuk yang tidak membawa mukena tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia mukena di mushola.
Mushola
11. Fasilitas Toilet
Toilet nya cukup bersih untuk ukuran toilet umum, dan gratis.

Tidak terasa saat itu waktu sudah menunjukkan pukul setengah 5 sore, saatnya mengakhiri petualangan di Gelanggang Samudra.
Bye Gelanggang Samudra Ancol
Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungin:
https://www.ancol.com/id/destinasi/ocean-dream-samudra

Terima kasih Gelanggang Samudra, sudah memberi ruang untuk kami sekeluarga untuk berpetualangan. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca yang sedang mencari referensi liburan yang ramah anak di sekitar Jakarta.

Terima kasih yang sudah mampir dan membaca ^_^ v

22 komentar:

  1. Aku di Bogor sudah setahun belum pernah ke Gelanggang Samudra mbak cuma dipantai ancol pinggir2nya saja.hehe... Enak ya mbak kalau tiketnya sudah include yang perjalanan sebelumnya..Ohya untuk makanan ga mahal berarti mbak? Kalau lihat harga yang mbak tulis masih normal2 saja untuk ukuran tempat rekreasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nanti kalau kepantai lagi mampir kesini mbak :D
      Iya sekali ngeluarin duitnya biar gak usah riber-ribet lagi, jatohnya lebih murah juga kalau beli tiket bundling. Iya untuk beberapa harganya masih normal, tapi ada juga yang mahal mba :D

      Hapus
  2. Vito suka banget waktu diajak ke sini. Pengalaman yang berkesan banget ya mba buat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bener-bener tempat liburan anak yang asik, gak nyesel kesini bareng keluarga

      Hapus
  3. Kalau ngajak si buah hati pasti demen banget ya mbak :D
    #plakkk.. orang ane aja kalau diajak pasti demen kok. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mas, saya aja yang udah emak-emak seneng kok

      Hapus
  4. Asik ya main-main sama keluarga di tempat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang asik banget rekreasi bareng keluarga disini

      Hapus
  5. tiket bundling itu asyik euy, kayak beli satu dapat dua :)

    kalo ke gelanggang samudera, saya sering
    tapi paling banyak waktu masih kecil #eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha iya mas jatohnya lebih murah emang jadinya kalo bundling.
      Wah waktu kecil sering ya mas kesini? saya sih cuma sekali hihihi itupun study tour jaman SD kelas 2 hahhahaha

      Hapus
  6. Seru banget acara main-mainya, Mba. Lengkap fotonya jadi pembaca mupeng >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya Mba Grace, seru kesini bareng keluarga :D

      Hapus
  7. pasti seneng banget klo bawa anak kesini, seru wahananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, wahananya seru-seru kebanyakan yang kesini bawa anak kecil. Tapi ada juga kok muda-mudi yang lagi kasmaran pacaran kesini >.<

      Hapus
  8. lihat foto-fotonya Mba Wuri dan keluarga sukses bikin saya mupeng, huhuhu saya kapan bias kesini yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak Ira, kalau lagi ke jakarta sempetin mampir kesini :D

      Hapus
  9. Ini nih ciri khas Teh Wuri kalo lagi mengulas tempat wisata/kuliner. Penjabarannya lengkap. Detail sampe ke akar-akarnya hehe.

    Sqya belum pernah ke Ancol, walaupun udah sering ngelancong ke Jakarta :(( Miris euy, segala belum pernah.

    BTW, ekspresi Hana pas lagi nunggu imut banget haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaa semoga bermanfaat ya sona buat referensi ntar kalo ke Jakarta biar nyempetin waktu main ke Ancol.

      Hahahahaha makasih, hana emang 11 12 sama saya wakakaka

      Hapus
  10. Bulan lalu aku ke Ancol tapi ngga sempet ke Gelanggang Samudra, ahhhh sayang banget, padahal seru ya mba hihihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Roos, makin seru sekarang gelanggang samudra :D

      Hapus
  11. Aku juga udah lama banget ga ke sana. Terakhir ke ecopark, itu juga kesitu pake muter2 nyasar, pulangnya pun muter2 nyasar. Gede banget ya ancol tuh.

    Hmmm lumba2 masih jadi primadona ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Ancol itu gede banget, hihihi

      Hapus