Rabu, Juni 08, 2016

Ramadhan Zaman Saya SD

  12 comments    
categories: ,
Hi Reader!

Tidak terasa sekarang sudah Bulan Ramdhan, Alhamdulillah Ramadhan tahun ini sudah ada suami dan putri saya berusia 3 tahun. Seperti biasa, banyak banget hal-hal yang cuma ada di bulan Ramadhan, misal yang biasanya bangun tidur jam 5 atau setengah 6, pas bulan Ramadhan jam 3 udah bangun, usek-usek di dapur siapin makanan untuk sahur.

Kegiatan dan Game saat Ramadhan
Jadi teringat zaman-zaman masih SD saat bulan Ramadhan tiba. Biasanya nih setelah sahur, saya udah disamper teman - teman sepermainan buat sholat subuh berjamaah di masjid dekat rumah. Setelah itu kami tadarusan dan mengkaji makna dari tiap ayat (indah banget ya masa kecil saya) selesai mengaji kami sholawatan (biasanya belajar dari album cinta rasul). Kalau kalian seangkatan dengan saya pasti tahu dong seri album Cinta Rosul nya Hadad Alwi dan Sulis yang biasanya launching setiap bulan Ramadhan, dan paling sering diputer di tv pada masa itu. 
Setelah itu kami berkumpul dilapangan untuk bermain permainan outdoor, kami bermain gobak selodor, petak jongkok, petak umpet, petasan, lompat tali. 
Saat cuaca diluar udah mulai terik, kami melanjutkan permainan indoor yang biasanya kami mainkan berpindah-pindah teras rumah orang (cari yang terasnya luas dan bersih). Biasanya kami main bola bekel, congklak, monopoli, orang-orangan. Pada masa itu  Alhamdulillah anak-anak belum mengenal gadget, gak seperti zaman anak saya yang bayi aja maunya main Ipad terus :'(
Biasanya kami menunggu abang - abang tukang ager (tapi bukan mau beli ager) melainkan untuk membeli permainan-permainan baru, adalagi yang kami tunggu - tunggu itu adalah buku komik gareng-petruk, buku cerita surga neraka, dan buku Hidayah yang ngehits banget zaman itu (kalo buku hidayah biasanya sih boleh pinjem dari temen) hehehehe.

Siang menjelang sore
Lalu saya menyempatkan waktu untuk pulang kerumah sekedar menengok mama yang sedang mempersiapkan menu buka puasa, dan biasanya jika ada bahan - bahan yang kurang saya diperintahkan untuk membelinya ke warung.
Untuk televisi, tayangan favorit saya adalah Lorong Waktu (angkatan saya pasti tau sinetron Ramadhan yang ngehits di bulan Ramadhan ini). Sinetron ini bercerita tentang seorang anak bernama zidan yang berpetualang bersama Pak Haji (yang di perankan oleh Dedi Mizwar). Petualangan mereka dilakukan dengan alat yang disebut lorong waktu. Hal yang paling saya ingat dengan lorong waktu ini adalah saat dimana pak ustadz menekan tombol enter hahahha.

Ngabuburit
Menunggu magrib atau ngabuburit saya biasanya sibuk-sibuk isi buku harian bulan Ramadhan, setiap habis solat fardu centang, sahur centang. Pelajaran yang saya dapat dari centang mencentang kegiatan itu adalah melatih kedisiplinan dan sebagai alarm pengingat juga. Menjelang magrib kan biasanya ada kultum di setiap stasiun televisi, mulailah sibuk mencatat apapun yang ustadz katakan di televisi. Berantakan tulisannya gak nyambung yang penting penuh hahaha. Pelajaran yang saya dapat dari menulis setiap ceramah adalah melatih kita mendokumentasikan ilmu yang kita dengar dan ketahui.
Biasanya detik-detik menunggu azan magrib, segala macam hidangan sudah tersedia di ruang makan, waktu saya kecil keluarga saya lebih suka berbuka puasa bersama-sama lesehan di ruang tv, sambil menonton TV, nah acara - acara saat magrib biasanya diisi dengan sinteron sinteron Ramadhan yang sedih-sedih, cerita menantu yang di dzolimi lah, cerita anak angkat lah, cerita suami yang lupa diri lah. Seingat saya sinetron-sinetron Ramadhan yang ngehitz dulu itu diperankan oleh Krisdayanti ada juga yang diperankan oleh Tamara Blenzinky yang soundtracknya jadi ngehits banget kala itu, biasanya ciptaan Choosy Pratama (seingat saya hihihi).

Tarawih
Selesai berbuka puasa dan solat magrib dirumah, biasanya saya menuju masjid dekat rumah bersama teman-teman. Sebelum solat isya kami biasanya tag-tag an tempat solat, karena saya perempuan biasanya solat di teras atau diluar masjid. Biasanya kami jajan-jajan atau nyemil -nyemil cantik sebelum solat Isya (ada tukang somay abang-abang pake sepeda yang enak banget somaynya hiks saya kangen makan somay itu, ada lagi sate-sate an biasanya kikil atau usus yang laris manis).
Selanjutnya sholat isya dilanjut solat tarawih. Selesai solat tarawih biasanya kami para anak-anak SD berlari-lari mengejar pak ustadz penceramah untuk diminta tanda tangannya (Ramadhan kala itu seketika menjadikan bapak-bapak ustadz menjadi seleb yang paling dicari usai solat tarawih).

Sahur
Saat sahur tiba, biasanya para sesepuh masjid yang membangunkan para warga dengan soundsystem masjid, bahkan tak jarang beliau menyebut satu - persatu nama kepala keluarga di wilayah tersebut, sontak kami yang mendengar dari rumah menjadi tertawa atau senyum-senyum gak jelas. Sambil menunggu mama selesai masak atau kadang nganget-ngangetin masakan yang dimasak sore hari (hehehhe) saya, adik dan bapak biasanya nonton acara sahur di TV, kala itu ngehits banget acara sahur yang dipandu oleh duo kocak Eko Patrio dan Ulfa (ntah dimana ulfa sekarang ya?).
Selesai sahur biasanya temen-teman sudah nyamper dari rumah-kerumah untung mengajak solat subuh berjamaah di masjid.

Seperti itu terus setiap hari selama bulan Ramadhan, bedanya hanya jika ada acara pesantren kilat di sekolah, itupun biasanya hanya 3 hari selama bulan Ramadhan.

Sekian kurang lebih kegiatan saya waktu kecil (yang saya ingat) selama bulan Ramadhan tiba. Tetapi semenjak SMP sampai sekarang kegiatan saya di Bulan Ramadhan sudah jauh berbeda dengan kegiatan Ramadhan dimasa kecil. Terkadang sangat rindu masa-masa indah itu, tapi ya gak mungkin lah harus sadar diri udah emak-emak.

Bagaimana dengan kalian? apakah sama? apakah lebih seru? yuk sharing ^^




12 komentar:

  1. Wah Mbak saya juga suka mantengin Lorong Waktu. Pokoknya setia nonton semua episodenya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama berarti kita ya hihihi kangen masa- masa sinteron di Indonesia masih bermutu

      Hapus
  2. Haha jadi inget, Lorong Waktu kan dulu sempet jadi tayangan wajib pas ngabuburit. Kalo gak salah pemerannya Zidan, Ustad Adin, Jambrong dsb. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya bener, sama cewe gebetannya ustadz Adin yang diperanin sama Cristy Jusung

      Hapus
  3. Aaaakh :D aku jadi keinget film lorong waktu :D wkwkw pada masanya, itu film ngehits banget ya Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu tontonan wajib pada masa nya hahahaha

      Hapus
  4. Wah pak kaum mesjidnya juga mpe manggilin atu atu pas bangunin saur mb hihihi

    Iya si zidan yg maen lorong waktu trus ada sabrina ama si tokoh cowonya klo ga salah dicky candra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba biasanya yang woro woro di masjid kan pak RT atau sesepuh wilayah situ jadinya hafal nama semua warganya hahahha, oh iya sabrina, pak ustadz sama kak sabrina ganti2 beberapa kali pemerannya

      Hapus
  5. Yg lucu di lorong waktu tu yg jadi oppy kumis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah oppy kumis ama bang jambrong hahaha

      Hapus
  6. Dulu waktu aku sd, sepanjang lorong depan kelas pada main bola bekel semua. Eh itu bbrp puluh tahun lalu ya?
    Enaknya anak sekarang, puasanya main tablet di kamar, nonton tipi di kamar yang ber ac. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ratu, beda banget, ih kok sama sih kalo disekolah maen bola bekelnya di lorong-lorong kelas hahahahha, mba ratu SD taun berapa? >.<

      Hapus